Latest Post :
Home » , » Kawah berbentuk hati bertebaran di mars

Kawah berbentuk hati bertebaran di mars

Senin, 25 Februari 2013 | 0 komentar


Simbol hati, yang dianggap ekspresi cinta dan kasih sayang tak hanya bertebaran di muka Bumi, terutama jelang Hari Valentine. Tapi juga di luar planet manusia.
Terutama di Mars, planet tetangga. Simbol cinta di permukaan “planet merah” beberapa kali diabadikan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Salah satunya oleh instrumen Context Camera yang terpasang pada pesawat Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA.

Simbol cinta membentang sepanjang 1 kilometer di wilayah Arabia Terra di belahan utara Mars. Foto itu diambil pada 23 Mei 2010 lalu.
Seperti dimuat situs NASA, diduga kuat, kawah kecil dekat ujung bawah simbol cinta itu, adalah pihak yang bertanggung jawab membentuk formasi tersebut.
Ketika terjadi benturan benda langit ke permukaan Mars — yang membentuk kawah itu, materi gelap di permukaan tersingkir, mengungkap material yang lebih cerah di bagian bawah. Kebetulan membentuk simbol hati.
Bentuk cinta lainnya juga diabadikan kamera pada pesawat Mars Global Surveyor (MGS) yang diluncurkan pada November 1996.
Seperti dimuat situs Universe Today, simbol hati terletak di sisi timur gunung Alba Patera di utara Tharsis.
Berupa lubang yang terbentuk akibat runtuhnya palung berdinding lurus, atau dalam istilah geologi disebut graben. Graben terbentuk di sepanjang jalur patahan oleh perluasan daerah batuan dasar
Mars Global Surveyor juga merekam 10 bentuk cinta dari sisi permukaan Mars yang berbeda sejak tahun 2001 hingga 2004.
Pesawat bikinan Laboratorium Jet Propulsion NASA, yang hilang kontak pada 2 November 2006 lalu, juga mengabadikan bentuk permukaan tanah di Mars yang membentuk simbol hati. Mirip sekotak coklat! (Ein)
 


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Artikel Bebas | Kayu Agung Cyber
Copyright © 2013. Planet Blogger - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger